March 23, 2011

Dasar-dasar HTML

HTML atau Hypertext Marksup Language merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan dihalaman web. Sebenarnya, dokumen HTML hanyalah sebuah dokumen teks biasa dan disebut sebagai Markup Language yakni bahasa yang mengandung tanda (tag) tertentu yang digunakan untuk mengatur format tampilan suatu dokumen.

HTTP atau Hypertext Transfer Protokol merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau document yang berformat HTML dari web server ke browser (Internet Explorer, Netscape Navigator, NeoPlanet, dll). Dengan HTTP inilah yang memungkinkan Anda menjelajah internet dan melihat halaman web.

Dalam penggunaannya, sebagian besar kode HTML harus terletak di antara tag kontainer. Yaitu diawali dengan dan diakhiri dengan (terdapat tanda "/"). Struktur dasar dokumen HTML berisi elemen-elemen atau tag sebagai berikut:
<html>
    <head>
        <title>Judul Halaman Web</title>
    </head>
    <body>
        ISI Halaman WEB
    </body>
</html>
Keterangan:

<html> .. </html>    Mendefinisikan bahwa teks yang berada diantara kedua tag tersebut adalah file HTML.

<head> .. </head>    Sebagai informasi page header. Di dalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag TITLE, BASE, ISINDEX, LINK, SCRIPT, STYLE & META.

<title> .. </title>    Sebagai titel atau judul halaman/form. Kalimat yang terletak di dalam tag ini akan muncul pada bagian paling atas browser Anda (pada title bar).

<body> .. </body>     Mendefinisikan teks beserta formatnya yang hendak ditampilkan sebagai isi halaman web. Di dalam tag ini bisa diletakkan berbagai page attribute seperti bgcolor, background, text, link, vlink, alink, leftmargin dan topmargin.

Pengaturan warna dalam dokumen HTML menggunakan mode kombinasi RGB (red, green, blue). Setiap warna ditampilkan dalam dua digit nilai heksadesimal (0, 1, 2, ..., F). Setiap bagian dua digit kode menunjukkan banyaknya intensitas dari kombinasi warna merah, hijau dan biru.

Berikut ini warna-warna yang dapat digunakan dalam halaman HTML:
White => #FFFFFF
Black => #000000
Red => #FF0000
Green => #00FF00
Blue => #0000FF
Magenta => #FF00FF
Cyan => #00FFFF
Yellow => #FFFF00

0 comments:

Post a Comment

Top