August 21, 2012

Tipe Manusia Pasca Romadhon

Tipe Manusia Pasca Romadhon

Pertama

Golongan yang tetap berada di atas kebaikan dan taan, maka tatkala bulan Romadhon tiba, mereka menyingsingkan lengan baju mereka, melipat gandakan kesungguhan mereka dan menjadikan Romadhon sebagai Ghonimah Robaniyah (harta rampasan perang karuni Alloh) dan pemberian ilahiyah, memperbanyak kebaikan, menyongsong rohmat, menyusul yang terlewati, semoga ia mendapatkan anugerah. Mereka selalu berpuasa enam hari di bulan Syawal, puasa hari Kamis dan Senin pada hari-hari biasa. Air mata selalu membasahi pipi mereka di waktu tengah malam.

Kedua

Golongan yang sebelum Romadhon berada dalam kelalian, lupa dan bermain. Maka tatkala tiap bulan Romadhon, mereka tekun beribadah, puasa dan sholat, membaca al qur'an, bersedekah, air mata mereka berlinang, dan hati mereka juga khusyuk. Akan tetapi setelah Romadhon, mereka kembali seperti semula, kembali kepada kelupaan mereka, kembali kepada dosa mereka.

Ketiga

Golongan yang datang dan perginya Romadhon, kondisi mereka sama seperti keadaan mereka sebelumnya. Tidak ada sesuatupun yang berubah dari mereka. Tidak ada perkara yang trganti. Bahkan, kemungkinan dosa mereka bertambah, kesalahan mereka menjadi lebih besar, catatan amal mereka bertambah hitam dan leher mereka bertambah menyala ke neraka. Mereka itulah orang-orang yang benar-benar merugi.
sumber: sq

6 comments:

Top