November 5, 2012

Orangtua yang Bijaksana



Mendidik anak adalah kewajiban orang tua. Lembaga pendidikan hanyalah membantu orang tua dalam upaya mewujudkan generasi penyejuk hati, generasi yang sholeh-sholehah. Sebagus apapun "sekolahan" anak kita tidak akan banyak berarti jika orang tua tidak menjalankan tugasnya sebagai pendidik utama.



Mendidik anak tentu harus dengan bijaksana. untuk itu, marilah kita menjadi orang tua yang bijaksana. Apa yang dimaksud dengan bijaksana?





Bijaksana adalah keadaan dimana jiwa selalu tenang dan berpikir jernih sebelum berucap dan bertindak. Orang yang bijaksana dapat menentukan sikap secara mandiri dan tidak terlalu mudah terperangkap oleh pandangan dangkal orang lain. Orang yang bijaksana memiliki pandangan yang jauh terhadap sebuah masalah. Juga biasa selalu melihat masalah dalam konteks yang luas dan tidak berpikir sempit.



Orang yang bijaksana ketika membuat sebuah keputusan, ia tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi juga memikirkan dampaknya bagi orang lain. Ia tidak membatasi pikirannya pada kepentingan pendek, tapi juga kemaslahatan jangka panjang. Semua sikap atau ucapan yang mereka lahirkan akan dirasakan tepat dengan berbagai situasi dan kondisi lingkungannya.

5 comments:

  1. yang jelas orang tua yang bijak adalah segala sesuatunya telah dipikirkan baik buruknya utk kebahagiaan anaknya sendiri dan bagi orang2 disekitarnya

    ReplyDelete
  2. @randy yang penting shareKelihatannya Mas Randy dah siap menjadi orang tua yang bijak :-)

    ReplyDelete

Top