January 7, 2023

Literasi Informatika 2

 A. Membangun Bendungan

Fulan menebang pohon dan memotongnya sehingga setiap pohon menghasilkan batang pohon yang panjangnya 10 meter.

Hanif ingin membangun bendungan dan membutuhkan kayu sepanjang 4 meter sebanyak 7 batang, dan kayu sepanjang 3 meter sebanyak 7 batang. Hanif dapat memotong batang pohon yang sudah dipotong Jordan sesuai dengan keperluannya. Fulan ingin memberikan batang pohon kepada Hanif dengan jumlah sesedikit mungkin.

Pertanyaan:

Berapa banyaknya batang pohon minimal yang dapat dipakai Hanif untuk membangun bendungan?


B. Majalah Dinding

Sepuluh siswa sedang bekerja untuk menerbitkan majalah dinding sekolah. Setiap hari Jumat, mereka menulis dan memperbaiki artikel majalah dinding. Sebagian pekerjaan membutuhkan komputer. Pada tabel di bawah, sel yang berwarna menunjukkan bahwa seorang siswa membutuhkan komputer. Pada satu jam yang sama, satu komputer hanya dapat digunakan oleh seorang siswa.

Pertanyaan:

Berapa jumlah minimum komputer yang dibutuhkan supaya mereka dapat bekerja sesuai dengan tabel di atas?


Link Jawaban: KLIK DISINI


Ini Informatika!

A. Masalah “memotong-material” (“cutting-stock” problem) adalah persoalan untuk memotong material yang panjangnya standar seperti pipa, atau batang kayu menjadi potongan-potongan material berbagai ukuran, dengan sesedikit mungkin material yang dipotong. Ini adalah contoh persoalan optimasi dalam industri. Persoalannya dapat diformulasikan sebagai persoalan pemrograman linier. 

B. Untuk memahami sejumlah besar data dan hubungan antara bermacam-macam tipe data, jalan yang terbaik adalah dengan menciptakan metode representasi data, contohnya dengan menggunakan tabel, grafik atau diagram.Tergantung pada informasi yang dicari, kita bisa menunjukkan data yang sama secara berbeda.

0 comments:

Post a Comment

Top