Menentukan KKM TIK

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah nilai standar yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran, apabila nilai yang diperoleh baik ulangan maupun tugas belum mencapai KKM yang ditentukan oleh guru, maka siswa harus mengikuti remedial atau perbaikan.

Rambu-rambu Penentuan KKM:
  1. KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran.
  2. KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah.
  3. KKM dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara 0 – 100.
  4. Nilai ketuntasan maksimal belajar adalah 100.
  5. Kriteria ditetapkan untuk masing-masing Indikator  Pencapaian Kompetensi idealnya berkisar 75%.
  6. Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah kriteria ideal.
  7. Dalam menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas Indikator Pencapaian Kompetensi dan kemampuan sumber daya pendukung.
  8. KKM dapat di cantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Peserta Didik sesuai model yang dipilih sekolah.
Kriteria Penetapan KKM
  1. Kompleksitas Indikator Pencapaian Kompetensi (Kesulitan dan Kerumitan)
  2. Daya dukung (sarana/ prasarana, kemampuan guru, lingkungan dan biaya)
  3. Intake siswa (masukan kemapuan siswa)
Menentukan nilai Kompleksitas Indikator Pencapaian Kompetensi (Kesulitan dan Kerumitan) materi pelajaran, boleh jadi mudah untuk satu siswa, dan sulit untuk siswa yang lain.
  1. Tinggi/ sulit = 1
  2. Sedang = 2
  3. Rendah/ mudah = 3
Menentukan nilai Daya dukung (sarana/ prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya), misalnya; buku, lks, lab.komputer, internet, perpustakaan, lcd, dll.
  1. Tinggi = 3
  2. Sedang = 2
  3. Rendah = 1
Menentukan nilai Intake siswa (masukan kemapuan siswa)
  1. Tinggi = 3
  2. Sedang = 2
  3. Rendah = 1
KKM Mata Pelajaran TIK
Download
No comments

No comments :

Post a Comment